<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener("load", function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <iframe src="http://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID=17988160776302404&amp;blogName=Arsip+Kuliah+Magister+Manajemen+S2&amp;publishMode=PUBLISH_MODE_FTP&amp;navbarType=BLUE&amp;layoutType=CLASSIC&amp;searchRoot=http%3A%2F%2Fblogsearch.google.com%2F&amp;blogLocale=en_US&amp;homepageUrl=http%3A%2F%2Fs2.wahyudiharto.com%2F" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no" frameborder="0" height="30px" width="100%" id="navbar-iframe" allowtransparency="true" title="Blogger Navigation and Search"></iframe> <div></div>

Resume Sharpen the Saw

Sharpen The Saw dalam tulisan Covey untuk habit ke-7 pada dasarnya berarti mengekspresikan ke-empat motivasi dan dimensi tersebut secara bijaksana dan seimbang. Meluangkan waktu untuk mengasah gergaji adalah aktivitas yang harus dijadikan dasar tindakan.



Hal-hal yang dilakukan untuk “mengasah gergaji anda” adalah sebagai berikut :

1. Dimensi Fisik
Meliputi pemeliharaan fisik secara efektif, seperti memakan jenis makanan yang tepat, mendapatkan istirahat, relaksasi yang memadai, dan berlolah raga secara teratur.

2. Dimensi Spiritual
Menurut Stephen Covey, kita harus memanfaatkan sumber yang mengangkat semangat anda dan mengikat anda pada kebebasan tanpa batas, di mana setiap orang melakukannya dengan cara yang berbeda. Gagasannya adalah jika kita meluangkan waktu untuk memanfaatkan pusat kepemimpinan hidup kita, yang merupakan hal tertinggi dalam hidup, maka pusat itu menaungi di atas segalanya yang lain. Ia memperbaharui kita, menyegarkan kita, khususnya jika kita memiliki komitmen ulang pada-Nya.

3. Dimensi Mental
Pendidikan adalah hal penting dalam perkembangan mental seseorang. Kadang ia melibatkan disiplin dan program studi yang sistematis, namun kadang merupakan disiplin eksternal yang dapat dipelajari sendiri. Pergunakanlah satu jam sehari atau satu jam sehari seumur hidup anda untuk mengasah gergaji yang satu ini, sesuai dengan cara anda masing-masing.

4. Dimensi Sosial / Emosional
Dimensi sosial dan emosional kehidupan kita terlihat secara bersama-sama, karena kehidupan emosional kita meskipun tidak semata-mata dikembangkan dari dalam hubungan kita dengan orang lain. Keberhasilan menjalankan Paradigma 7-Habits nomor 4,5, dan 6 (Win-win solution, Seek first to understand then to be understood, and Synergize) bukan merupakan masalah intelektual belaka, namun masalah emosi yang berhubungan dengan perasaan aman pribadi kita. Perasaan aman ini berasal dari dalam, ia datang dari paradigma yang akurat dan sesuai dengan prinsip yang benar dalam pikiran dan hati kita, yang dibentuk dari kesesuaian dari dalam ke luar dalam menjalani kehidupan dengan penuh integritas. Caranya adalah dengan meningkatan kemampuan Intelegensia Emosional atau yang lebih dikenal Emotional Intellegence.

RESUME 7 HABIT PROAKTIF
Jadilah proaktif dalam kebiasaan pertama dari 7 habit merupakan prinsip visi pribadi. Proaktif yang dimaksud disini adalah sebagai manusia kita bertanggung jawab atas hidup kita sendiri, sikap kita merupakan keputusan yang kita pilih berdasarkan nilai-nilai yang kita anut tidak dipengaruhi oleh kondisi, perasaan atau lingkungan kita.

Manusia proaktif menggunakan ruang kebebasan yang dimilikinya untuk membuat pilihan-pilihan yang paling sesuai dengan nilai-nilai yang dianutnya dan bertanggung jawab atas pilihannya. Dalam ruang kebebasan itu manusia proaktif berpikir menggunakan 4 anugerah manusiawi. Mengapa manusiawi? Oleh karena 4 anugerah ini hanya di- berikan Tuhan kepada manusia, tidak kepada hewan atau makhluk hidup lainnya.

-> Kesadaran Diri
Memungkinkan kita memisahkan diri dan memeriksa cara kita “melihat” diri sendiri. Hal ini mempengaruhi sikap dan pe-rilaku kita juga mempengaruhi bagaimana kita melihat orang lain.

-> Imajinasi
Kemampuan untuk membayangkan hal-hal diluar pengalaman maupun realitas yang ada.

-> Hati Nurani atau Suara Hati
Kesadaran batin tentang hal benar dan hal salah, tentang prin- sip-prinsip yang kita yakini dan tindakan yang selaras dengan prinsip tersebut.

-> KEHENDAK BEBAS
Kemampuan bertindak berdasarkan kesadaran diri, bebas dari pengaruh luar.

Labels:

“Resume Sharpen the Saw”

about


A little something about me, the author. Nothing lengthy, just an overview.

Also a link to my profile may show up here.

Dominant Traits Johari Window

66% of people think that Eko Wahyudiharto is clever
66% of people think that Eko Wahyudiharto is friendly
66% of people agree that Eko Wahyudiharto is idealistic

All Percentages

able (0%) accepting (0%) adaptable (0%) bold (0%) brave (0%) calm (33%) caring (0%) cheerful (0%) clever (66%) complex (0%) confident (0%) dependable (0%) dignified (0%) energetic (0%) extroverted (0%) friendly (66%) giving (0%) happy (0%) helpful (0%) idealistic (66%) independent (33%) ingenious (0%) intelligent (33%) introverted (0%) kind (33%) knowledgeable (33%) logical (33%) loving (33%) mature (0%) modest (0%) nervous (0%) observant (0%) organised (0%) patient (33%) powerful (0%) proud (0%) quiet (0%) reflective (0%) relaxed (0%) religious (0%) responsive (33%) searching (0%) self-assertive (0%) self-conscious (0%) sensible (33%) sentimental (0%) shy (33%) silly (0%) spontaneous (0%) sympathetic (0%) tense (0%) trustworthy (0%) warm (0%) wise (0%) witty (0%)

search

recent posts

recent comments

labels

archives

links

statistic

admin